FORGOT YOUR DETAILS?

Workshop Metode Praktis Penyusunan JRA Publik/Privat

Tata kelola informasi  yang baik (Information Governance) khususnya di bidang pengelolaan informasi yang bersumber arsip (records Management system) merupakan kunci sukses mewujudkan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang baik (good Governance) dan demokratis. Sistem pengelolaan arsip sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 43 Tahun 2009 dan ISO 15489 tentang Records Management mensyaratkan adanya instrumen-instrumen pendukung pelaksanaan pengelolaan arsip/dokumen yaitu Tata Naskah, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip, serta Klasifikasi Keamanan dan Akses. Kondisi umum yang sering kita hadapi sehari-hari di sebagaian besar organisasi  belum memiliki Jadwal Retensi Arsip/Dokumen (JRA atau JRD) bahkan yang sudah punya belum aplikatif. Hal ini pula banyak organisasi publik maupun bisnis sering terjadi akumulasi arsip/dokumen tidak terkendali dan menyebabkan terjadinya inefisiensi sumber daya kearsipan. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan arsip/dokumen setiap organisasi perlu memiliki JRA/JRD.  Untuk mewujudkan upaya tersebut  perlu diselenggarakan “Workshop Metode Praktis  Penyusunan Jadwal Retensi Arsip/Dokumen (Records Schedule) Organisasi Publik dan Bisnis”.

Tema

Meningkatkan kinerja tata kelola informasi  bersumber  hasil aktivitas organisasi publik dan bisnis  untuk mendukung  terwujudnya sistem pengelolaan  arsip/dokumen yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi.

Tujuan

  1. Meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kemampuan peserta dalam memahami implementasi sistem pengelolaan arsip dengan instrumen pendukungnya di lingkungan organisasi publik dan privat
  2. Meningkatkan wawasan, kemampuan dan kompetensi peserta dalam memahami persyaratan dan cara praktis penyusunan JRA/JRD.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta bekerja kelompok dalam mempraktekkan penyusunan JRA/JRD dari mulai identifikasi arsip, pengolahan dan analisis data sampai menghasilkan out put berupa draft JRA/JRD.

Metode

Workshop  “Metode Praktis Penyusunan Jadwal Retensi Arsip/Dokumen Publik dan Privat” merupakan salah satu tahap yang mendasar dalam menyediakan insstrumen pendukung implementasi sistem kearsipan  secara menyeluruh terpadu.  Workshop  ini  memberikan fokus pada penyusunan tool atau  instrumen utama dalam  implementasi sistem pengelolaan Arsip mulai dari tahap penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan, sampai pemusnahan arsip.

Workshop ini  akan membahas  materi teoritis dan empiris  dalam menyusun JRA/JRD yang sesuai dengan kebutuhan pengelolaan arsip dinamis (records management system) di lingkungan institusi publik dan privat.

  • Hari I (Pertama)

Workshop  “Penyusunan Jadwal Retensi Arsip/Dokumen Publik dan Privat” dibuka dengan thema masalah tata kelola informasi modern, khusunya bidang kearsipan yang  muncul dan menyebabkan terjadinya inefisiensi ekstrim dalam menyimpan, mencari dan menemukan arsip/dokumen di sekitar lingkungan kita.

Workshop ini mengajak peserta untuk mengenali kondisi dan jenis-jenis arsip/dokumen modern yang dihasilkan seluruh aktivitas  bisnis dan kebutuhan-kebutuhan retensi yang diharapkan dengan mempraktekkan langkah-langkah identifikasi, pengolahan data dan penyusunan retensi arsip/dokumen di lingkungan masing-masing organisasi tempat bekerja. Workshop akan dibawakan pembicara maupun institusi  yang memiliki kompetensi di bidangnya.

  • Hari II (Kedua)

Workshop  dilanjutkan dengan Materi dan Praktek Penyusunan JRA/JRD dengan pembagian Kelompok dan Presentasi Hasil kerja Kelompok.

 

PESERTA

  • Pejabat Struktural Unit Kerja Penanggung Jawab Pengelola arsip dan dokumen di lingkungan instansi pemerintah dan swasta
  • Pejabat Fungsional / Arsiparis/staf Pengelola arsip dan dokumen di lingkungan instansi pemerintah dan swasta.

 

WAKTU DAN TEMPAT

Pelaksanaan Workshop akan diselenggarakan pada tanggal yang telah ditentukan (lihat jadwal pelaksanaan workshop) di salah satu Hotel  di Jakarta.

PEMBICARA DAN MODERATOR

  1. Lembaga Kearsipan
  2. Tenaga Ahli Senior/Praktisi Bidang Kearsipan
  3. PT. Janus Info Pratama
  4. Pemerhati Kearsipan

PENDAFTARAN

  1. Investasi  dengan Rp. 4.500.000,-
  2. Pendaftaran dimulai satu bulan  sebelum tanggal pelaksanaan workshop dan pelunasan pembayaran paling lambat 3 (tga ) hari sebelum tanggal pelaksanaan
  3. Kontak Person :   021.82735063; 021.8218487  WA. 08111955277

FASILITAS

  1. Hotel Full Days (Makan siang  sekali  dan 2 kali snack selama 2 hari)
  2. Sound System
  3. Wi-fi
  4. Seminar Kit
  5. Draft JRA/JRD hasil Workshop
  6. Sertifikat

SUSUNAN ACARA  (lihat laman Jadwal Workshop II)

TOP