FORGOT YOUR DETAILS?

Workshop

WORKSHOP PENYUSUNAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP)

PENGELOLAAN ARSIP ORGANISASI PUBLIK DAN BISNIS

DESKRIPSI:

Latar Belakang

Tata kelola pemerintahan yang baik (Good Governance) dan tata kelola perusahaan yang baik (Corporate Governance) sudah menjadi kebutuhan untuk mewujudkan reformasi birokrasi  menuju tatanan demokrasi yang sesungguhnya.  Kita sering menjunjung tinggi tatanan demokrasi di segala aspek kehidupan tetapi belum secara bersungguh-sungguh mau memulai melakukan hal yang mendasar yaitu memperbaiki tata kelola organisasi  yang seharusnya. Kunci utama dalam memperbaiki  tata kelola organisasi adalah adanya Standard Operating Procedure  pada setiap bidang kegiatan di lingkungan masing-masing organisasi, termasuk bidang pengelolaan informasi, khususnya manajemen arsip (Records Management). Untuk itu dalam upaya meningkatkan kualitas tata kelola infomasi akan diselenggarakan “Workshop  Penyusunan SOP Pengelolaan Arsip (Records Management) Organisasi Publik dan Bisnis”.

Tema

Meningkatkan kinerja tata kelola informasi  bersumber  hasil aktivitas organisasi publik maupun bisnis untuk mendukung  kearah pemanfaatan  perkembangan tehnologi informasi dan komunikasi.

Tujuan

  1. Meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kemampuan peserta dalam memahami implementasi sistem pengelolaan arsip di lingkungan organisasi publik dan bisnis
  2. Meningkatkan wawasan, kemampuan dan kompetensi peserta dalam memahami dan mempraktekkan teknis penyusunan Standard Operating Procedure
  3. Meningkatkan kemampuan peserta bekerja kelompok dalam mempraktekkan penyusunan SOP Pengelolaan Arsip dari mulai identifikasi arsip, pengolahan dan analisis data sampai menghasilkan out put berupa draft SOP.

Metode

Workshop  “Penyusunan Standard Operating Procedure Pengelolaan Arsip Organisasi Publik dan Bisnis” merupakan salah satu tahap yang mendasar dalam implementasi sistem kearsipan  secara menyeluruh terpadu.  Workshop  ini  memberikan fokus pada penyusunan tool atau  instrumen utama dalam  implementasi sistem pengelolaan arsip mulai dari tahap penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan, sampai pemusnahan arsip.

Workshop ini  akan membahas  materi teoritis dan empiris  dalam mengembangkan sistem pengelolaan arsip dinamis (records management system).

  • Hari I (Pertama)

Workshop  “Penyusunan Standard Operating Procedure Pengelolaan Arsip Organisasi Publik dan Bisnis” dibuka dengan thema masalah tata kelola informasi, khusunya bidang kearsipan yang  muncul di sekitar lingkungan kita.

Workshop ini mengajak peserta untuk mengenali masalah tata kelola informasi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan dengan mempraktekkan langkah-langkah pengembangan Standard Operating Procedure (SOP) Pengelolaan Arsip di lingkungan masing-masing organisasi tempat bekerja. Workshop akan dibawakan pembicara maupun institusi  yang memiliki kompetensi di bidangnya.

  • Hari II (Kedua)

Workshop  dilanjutkan dengan Materi dan Praktek Penyusunan SOP Pengelolaan Arsip dengan pembagian Kelompok dan Presentasi Hasil kerja Kelompok.

PESERTA

  • Pejabat Struktural Unit Kerja Penanggung Jawab Pengelola arsip dan dokumen di lingkungan instansi pemerintah dan swasta
  • Pejabat Fungsional / staf Pengelola arsip dan dokumen di lingkungan instansi pemerintah dan swasta.

WAKTU DAN TEMPAT

Pelaksanaan Workshop akan diselenggarakan pada tanggal yang telah ditentukan (lihat jadwal pelaksanaan workshop I) di salah satu Hotel  di Jakarta.

PEMBICARA DAN MODERATOR

  1. Lembaga Kearsipan
  2. Lembaga Sertifikasi ISO 9001
  3. Tenaga Ahli Senior/Praktisi Bidang Kearsipan
  4. PT. Janus Info Pratama

PENDAFTARAN

  1. Investasi  dengan Rp. 3.500.000,-
  2. Pendaftaran dimulai pada 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal pelaksanaan workshop
  3. Kontak Person :   021.82735063;  021.8218487

FASILITAS

  1. Hotel Full Days (Makan siang  sekali  dan 2 kali snack selama 2 hari)
  2. Sound System
  3. Wi-fi
  4. Workshop Kit
  5. Sertifikat

SUSUNAN ACARA  (lihat laman Jadwal Workshop I)

SUSUNAN ACARA

WORKSHOP PENYUSUNAN STANDARD OPERATING PROCEDURE (SOP) PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS (RECORDS MANAGEMENT)

WAKTU MATERI PEMBICARA MODERATOR
Hari Pertama Workshop
08:00 - 09:00 Registrasi
09:00 - 10:00 Pengelolaan Arsip Dinamis (Records Management) Lembaga Kearsipan Praktisi/Pemerhati Kearsipan
10:00 - 10:15 Coffee Break
11:00 - 11:45 Teknik Penyusunan Standard Operating Procedur Lembaga Akreditasi ISO 9001
11:45 - 13:00 ISHOMA
13:00 - 14:30 Teknik Identifikasi Existing SOP Pengelolaan Arsip Organisasi Tenaga Ahli/Praktisi Kearsipan Sda
14:30 - 14:45 Coffee Break
14:45 - 15:45 Teknik Penyusunan Draft SOP Pengelolaan Arsip Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan
16:15 - 17:00 Penutup Workshop I
Hari Kedua Workshop
09:00 - 10:00 Tugas Kelompok: Survei dan Penyusunan Draf SOP Pengelolaaan Arsip Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan Praktisi/Pemerhati Kearsipan
10:00 - 10:15 Coffee Break
11:00 - 11:45 Presentasi dan Pembahasan Materi Kebijakan Manajemen Pengelolaan Arsip Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan
11:45 - 13:00 ISHOMA
13:00 - 14:30 Presentasi Draft SOP Pengelolaan Arsip Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan Sda
14:30 - 14:45 Coffee Break
14:45 - 15:45 Perbaikan Draft SOP Pengelolaan Arsip Organisasi Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan
15:45 - 16:00 Closing Workshop II
WAKTU TEMPAT
Tgl.  29  -  30  Juli  2019 Gedung Surveyor Indonesia, Jakarta

WORKSHOP PENYUSUNAN JADWAL RETENSI ARSIP/DOKUMEN (RECORDS SCHEDULE)

ORGANISASI PUBLIK DAN BISNIS

DESKRIPSI:

Latar Belakang

Tata kelola informasi  yang baik (Information Governance) khususnya di bidang pengelolaan informasi yang bersumber arsip (records Management system) merupakan kunci sukses mewujudkan reformasi birokrasi menuju pemerintahan yang baik (good Governance) dan demokratis. Sistem pengelolaan arsip sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 43 Tahun 2009 dan ISO 15489 tentang Records Management mensyaratkan adanya instrumen-instrumen yaitu Tata Naskah, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip, serta Klasifikasi Keamanan dan Akses. Kondisi umum yang sering kita hadapi sehari-hari di sebagaian besar organisasi  belum memiliki Jadwal Retensi Arsip/Dokumen (JRA atau JRD) bahkan yang sudah punya belum aplikatif. Hal ini pula banyak organisasi publik maupun bisnis sering terjadi akumulasi arsip/dokumen tidak terkendali dan menyebabkan terjadinya inefisiensi sumber daya kearsipan. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas pengelolaan arsip/dokumen setiap organisasi perlu memiliki JRA/JRD.  Untuk mewujudkan upaya tersebut  perlu diselenggarakan “Workshop  Penyusunan Jadwal Retensi Arsip/Dokumen (Records Schedule) Organisasi Publik dan Bisnis”.

Tema

Meningkatkan kinerja tata kelola informasi  bersumber  hasil aktivitas organisasi publik dan bisnis  untuk mendukung  terwujudnya sistem pengelolaan  arsip/dokumen yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi.

Tujuan

  1. Meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan kemampuan peserta dalam memahami implementasi sistem pengelolaan arsip dengan instrumen pendukungnya di lingkungan organisasi publik dan bisnis
  2. Meningkatkan wawasan, kemampuan dan kompetensi peserta dalam memahami persyaratan teknis penyusunan JRA/JRD.
  3. Meningkatkan kemampuan peserta bekerja kelompok dalam mempraktekkan penyusunan JRA/JRD dari mulai identifikasi arsip, pengolahan dan analisis data sampai menghasilkan out put berupa draft JRA/JRD.

Metode

Workshop  “Penyusunan Jadwal Retensi Arsip/Dokumen Publik dan Perusahaan” merupakan salah satu tahap yang mendasar dalam menyediakan insstrumen pendukung implementasi sistem kearsipan  secara menyeluruh terpadu.  Workshop  ini  memberikan fokus pada penyusunan tool atau  instrumen utama dalam  implementasi sistem pengelolaan Arsip mulai dari tahap penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan, sampai pemusnahan arsip.

Workshop ini  akan membahas  materi teoritis dan empiris  dalam menyusun JRA/JRD yang sesuai dengan kebutuhan pengelolaan arsip dinamis (records management system) di lingkungan organisasi publik dan bisnis.

  • Hari I (Pertama)

Workshop  “Penyusunan Jadwal Retensi Arsip/Dokumen Publik dan Perusahaan” dibuka dengan thema masalah tata kelola informasi, khusunya bidang kearsipan yang  muncul dan menyebabkan terjadinya inefisiensi ekstrim dalam menyimpan, mencari dan menemukan arsip/dokumen di sekitar lingkungan kita.

Workshop ini mengajak peserta untuk mengenali kondisi dan jenis-jenis arsip/dokumen yang dihasilkan seluruh aktivitas  bisnis dan kebutuhan-kebutuhan retensi yang diharapkan dengan mempraktekkan langkah-langkah identifikasi, pengolahan data dan penyusunan retensi arsip/dokumen di lingkungan masing-masing organisasi tempat bekerja. Workshop akan dibawakan pembicara maupun institusi  yang memiliki kompetensi di bidangnya.

  • Hari II (Kedua)

Workshop  dilanjutkan dengan Materi dan Praktek Penyusunan JRA/JRD dengan pembagian Kelompok dan Presentasi Hasil kerja Kelompok.

PESERTA

  • Pejabat Struktural Unit Kerja Penanggung Jawab Pengelola arsip dan dokumen di lingkungan instansi pemerintah dan swasta
  • Pejabat Fungsional / staf Pengelola arsip dan dokumen di lingkungan instansi pemerintah dan swasta.

WAKTU DAN TEMPAT

Pelaksanaan Workshop akan diselenggarakan pada tanggal yang telah ditentukan (lihat jadwal pelaksanaan workshop) di salah satu Hotel  di Jakarta.

PEMBICARA DAN MODERATOR

  1. Lembaga Kearsipan
  2. Tenaga Ahli Senior/Praktisi Bidang Kearsipan
  3. PT. Janus Info Pratama

PENDAFTARAN

  1. Investasi  dengan Rp. 3.500.000,-
  2. Pendaftaran dimulai pada tanggal 30 hari sebelum tanggal pelaksanaan workshop
  3. Kontak Person :   021.82735063; 021.8218487

FASILITAS

  1. Hotel Full Days (Makan siang  sekali  dan 2 kali snack selama 2 hari)
  2. Sound System
  3. Wi-fi
  4. Seminar Kit
  5. Sertifikat

SUSUNAN ACARA  (lihat laman Jadwal Workshop II)⇑

SUSUNAN ACARA

WORKSHOP PENYUSUNAN JADWAL RETENSI ARSIP (RECORDS SCHEDULE) ORGANISASI PUBLIK DAN BISNIS

WAKTU MATERI PEMBICARA MODERATOR
Hari Pertama Workshop
08:00 - 09:00 Registrasi
09:00 - 10:00 Pengelolaan Arsip Dinamis (Records Management) Lembaga Kearsipan Praktisi/Pemerhati Kearsipan
10:00 - 10:15 Coffee Break
11:00 - 11:45 Teknik Penyusunan Jadwal Retensi Arsip/Dokumen Tenaga Ahli Senior/Praktisi Bidang Kearsipan
11:45 - 13:00 ISHOMA
13:00 - 14:30 Teknik Identifikasi Arsip/Dokumen dan Retensi Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan Sda
14:30 - 14:45 Coffee Break
14:45 - 15:45 Teknik Pengolahan Data dan Penyusunan Draft JRA/JRD Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan
16:15 - 17:00 Penutup Workshop I
Hari Kedua Workshop
09:00 - 10:00 Tugas Kelompok: Identifikasi Jenis Arsip dan Retensi Organisasi Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan Praktisi/Pemerhati Kearsipan
10:00 - 10:15 Coffee Break
11:00 - 11:45 Inventarisasi Jenis Arsip dan Retensi dan Menyusun Draft JRA/JRD Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan
11:45 - 13:00 ISHOMA
13:00 - 14:30 Presentasi Draft JRA/JRD Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan Sda
14:30 - 14:45 Coffee Break
14:45 - 15:45 Perbaikan Draft Draft JRA/JRD Tenaga Ahli/Praktisi Bidang Kearsipan
15:45 - 16:00 Closing Workshop II
WAKTU TEMPAT
Tgl.  29 - 30   Juni  2019 Gd. Surveyor Indonesia, Jakarta
Tgl.  21  - 22  Agustus  2019 Gd. Surveyor Indonesia, Jakarta.
TOP
Chat Melalu Wahtsapp Langsung
Whatsapp Sekarang